Klub Italia Dominasi Eropa Musim Ini


Musim 2022/2023 di Eropa sepertinya adalah tahun dominasi klub-klub Italia. Ada lima klub Italia yang berhasil lolos ke semi final tiga turnamen klub teratas Eropa - Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi. Inter Milan dan AC Milan berhasil lolos ke semi final Liga Champions, Juventus dan AS Roma berhasil lolos ke semi final Liga Europa, dan Fiorentina berhasil lolos ke semi final Liga Konferensi. Ini menunjukkan bahwa Italia memiliki klub terbaik di Eropa pada musim ini.

Liga Champions

Dominasi klub Italia masih berlanjut hingga semi final dengan performa gemilang Inter Milan dan AC Milan di Liga Champions. Inter Milan menghancurkan harapan wakil Portugal satu-satunya yang tersisa Benfica dengan 5-3 agregat. 

Sebenarnya Inter Milan agak kurang memuaskan dipimpin Simone Inzaghi di musim sebelumnya, namun berhasil meracik Hakan Calhanoglu, Lukaku, Mkhitaryan dan Edin Dzeko menjadi salah satu tim hebat Eropa tahun ini. Mereka merupakan tim yang sangat solid di pertahanan dan juga memiliki kemampuan menyerang yang sangat bagus.



Sebelumnya Italia juga punya Napoli hingga perempat final namun masih kalah ditangan mental juara AC Milan yang menunjukkan performa yang cukup mengesankan di Liga Champions musim ini. AC Milan dipimpin oleh Stefano Pioli, mengalahkan Napoli dengan skor tipis 2-1 agregat. AC Milan memiliki pemain seperti Leao, Giroud dan Kjaer yang merupakan pemain yang selalu diandalkan pelatih.





Liga Europa

Dominasi klub Italia di Eropa tidak berhenti di Liga Champions saja, tetapi juga terlihat di Liga Europa. Juventus sebenarnya juga klub jagoan Liga Champions namun terhenti di babak grup meski masih bisa bermain di liga Europa sebagai jatah peringkat ke 3 fase grup. 

Sempat terseok-seok di awal musim liga dan bahkan santer berurusan dengan masalah hingga kena pinalti pengurangan 15 point. Namun di turnament ini mereka berhasil lolos ke semifinal Liga Europa setelah mengalahkan klub-klub seperti Freiburg, Nantes hingga Sporting Lisbon. 

Juventus yang dipimpin oleh manajer Massimiliano Allegri, yang memiliki sejarah sukses bersama Juventus di masa lalu tentu punya hasrat untuk juara kembali bersama Juve. Juventus memiliki pemain hebat seperti Kostic, Vlahovic, Federico Chiesa, Pogba hingga pemain muda macam Fagioli , Illing Junior dan Miretti yang merupakan pemain kunci di skuad mereka.

AS Roma juga menunjukkan performa yang cukup mengesankan di Liga Europa musim ini. Meskipun mereka klub asli Liga Europa bukan buangan dari Liga Champion namun AS Roma mulai menunjukkan tajinya di Eropa. 

As Roma kini dipimpin oleh Jose Mourinho, yang memiliki sejarah sukses di Liga Champions dan Liga Europa bersama klub-klub seperti Porto, Chelsea, dan Manchester United. AS Roma memiliki pemain seperti hebat macam Paulo Dybala, Stephan El Shaarawy dan Tammy Abraham.




Liga Konferensi Eropa

Sementara di Liga Konferensi (anggap aja kasta ke tiga Eropa), Fiorentina berhasil menjadi satu-satunya klub Italia yang lolos ke semifinal. Sebelumnya ada Lazio namun terhenti di babak perempat final namun Fiorentina menjaga asa Italia yang bisa diandalkan untuk tembus puncak. 

Meski di liga agak terseok-seok musim ini namun Fiorentina berhasil sampai ke semi final di Liga Konferensi Eropa. Mereka hampir selalu  menang dengan skor skor besar alias banyak gol. Penyerang-penyarang Fiorentina seakan tak kehabisan stok pemain hebat setelah beberapa kali kerap "dibajak" oleh klub besar Italia lainnya. Sebelumnya ada Vlahovic, Chiesa namun Fiorentina pun melahirkan pemain hebat baru macam Nikola Milenkovic. Mereka sukses menjadi momok yang menakutkan di Liga Konferensi Eropa.


Apakah Italia Mampu Rebut 3 Gelar Juara?

Klub Italia telah mendominasi turnamen klub teratas Eropa musim ini, dan ini menunjukkan bahwa sepak bola Italia kembali ke masa kejayaannya. Selama beberapa tahun terakhir, sepak bola Italia telah mengalami masa suram di level klub dan tim nasional. Di satu dekade terakhir hanya ada Juve untuk menjaga koefisien Italia tetap kompetitif, bahkan timnas Italia sempat tak masuk ke piala dunia Qatar lalu. 

Tetapi tampaknya tahun ini mereka unjuk gigi di liga-liga Eropa. Bahkan Satu wakil Italia pastikan diri di final liga Champion musim ini setelah Milan dan Inter saling bentrok di semi final. Di liga Europa peluang besar all Italian Final kalau Juve sukses menjungkalkan Sevilla wakil Spanyol dan As Roma sukses juga menjungkalkan wakil Jerman Bayer Leverkusen di Semi Final. Lalu Fiorentina kembali mencoba tren positifnya untuk kembali menang dan tembus final di Liga Konferensi Eropa. 

Apakah klub Italia berhasil memenangi semua liga-liga Eropa musim ini? Kita saksikan aja sepak terjang mereka.

Danipay

Streamer, Blogger, Gamer.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama