Apa Yang Akan Terjadi Jika Betelguese di Letakkan di Matahari?

Betelgeuse adalah bintang raksasa merah yang terletak di rasi bintang Orion, sekitar 640 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini memiliki radius sekitar 1400 kali lebih besar dari Matahari dan berada di tahap akhir evolusinya sebagai bintang, sehingga bisa mengalami perubahan besar dalam ukuran dan kecerahan. Betelguese bukan lah bintang terbesar di galaksi kita ini, masih ada Antares dan CanisMajoris, Uy Scutti dan bintang lainya. Namun kita fokus saja kepada bintang terdekat dari bumi. 

Untuk sekedar perbandingan dengan Matahari vs Betelguese, maka matahari hanya sebesar ujung jarum saja jika kita lihat di gambar. Dan dalam beberapa sudut bahkan matahari kita sulit untuk dilihat. Menunjukkan seberapa besarnya bintang itu dan alam semesta ini secara keseluruhan. Jika Betelgeuse diletakkan di tempat Matahari sekarang, maka efeknya akan sangat dramatis pada sistem tata surya kita. Pertama-tama, ukuran Betelgeuse yang sangat besar akan menelanjangi orbit planet-planet di dalam sistem tata surya kita, termasuk Bumi, yang akan berada di dalam bintang tersebut.


Kedua, kecerahan Betelgeuse yang jauh lebih besar dari Matahari akan menyebabkan peningkatan radiasi dan suhu yang sangat tinggi di seluruh sistem tata surya. Ini akan berdampak buruk pada atmosfer planet-planet, dan dapat
menyebabkan kerusakan yang signifikan pada infrastruktur manusia yang ada di
sana. Selain itu, perubahan gravitasi akibat keberadaan Betelgeuse di dekat Matahari juga dapat mengganggu orbit planet-planet di dalam sistem tata surya. Perubahan ini dapat mempengaruhi stabilitas orbit planet, dan bahkan dapat menyebabkan tabrakan antara planet-planet di dalam sistem tata surya. 


Secara keseluruhan, jika Betelgeuse diletakkan di tempat Matahari, dampaknya akan sangat merusak bagi sistem tata surya kita. Namun, ini hanyalah sebuah hipotesis dan tidak mungkin terjadi secara alami. Meskipun Betelgeuse adalah bintang yang besar dan berpotensi memiliki pengaruh besar pada lingkungan sekitarnya, jaraknya yang sangat jauh dari Bumi membuatnya tidak akan memiliki pengaruh langsung pada planet kita.
Danipay

Streamer, Blogger, Gamer.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama