UNING-UNINGAN BATAK TOBA

Hidup seolah tak komplit tanpa adanya musik. Musik memang kerap kali dijadikan sebagai sebuah entertainment atau sarana hiburan tapi dilain pihak musik pun bisa dijadikan sebagai pelengkap suasana suka maupun duka. Musik pun telah ada sejak jaman dahulu kala, salah satunya uning-uningan yang menjadi bagian adat suku batak.

Uning-uningan adalah salah satu warisan yang sangat berharga di tradisional Batak Toba. Meski zaman telah berubah dan berkembang, musik ini tetap eksis di masa kini. Warga berdarah batak pasti tidak pernah lupa akan dengungan musik yang dilantunkan alat ini.



Kesenian ini memakai alat musik seruling #gondangbatak yang merupakan alat musik tertua dan asli dari masyarakat Batak Toba. Namun gabungan alat musik modern menjadikan #uninguningan semakin lebih semarak dan berwarna. Harapanya tentunya dapat diterima dan menjadi sebuah #trending dihati masyarakat luas selain non batak.

Uning-uningan adalah salah satu kesenian tradisional Batak Toba. Selain digunakan sebagai sarana pendekatan kepada pujaan hati, uning-uningan juga dipakai sebagai sarana hubungan antara manusia dengan Sang Khalik Pencipta (Mula Jadi na Bolon).

My other Channel : https://bit.ly/3clQh1T


Danipay

Streamer, Blogger, Gamer.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama