Ciri-Ciri Cacar Monyet Pada Manusia Yang Perlu Diketahui Umum

Cacar monyet atau monkeypox merupakan penyakit yang jarang terjadi pada manusia dan disebabkan oleh virus monkeypox yang ditemukan di hewan seperti tikus, tupai, dan primata. Meskipun cacar monyet umumnya tidak fatal, namun penyakit ini tetap perlu diwaspadai karena dapat menyebar dari manusia ke manusia dan menimbulkan gejala yang tidak menyenangkan. Berikut adalah beberapa ciri-ciri cacar monyet pada manusia:

Ruam kulit

Cacar monyet pada manusia ditandai dengan munculnya ruam pada kulit yang dapat menyebar ke seluruh tubuh. Ruam ini biasanya berupa benjolan kecil yang berisi cairan dan akan pecah dan membentuk kerak. Ruam ini muncul setelah masa inkubasi selama 5-21 hari dan dapat bertahan selama 2-4 minggu.

Demam

Pada awal munculnya gejala cacar monyet, penderita biasanya akan mengalami demam yang tinggi. Demam ini dapat bertahan selama beberapa hari dan disertai dengan sakit kepala, kelelahan, dan sakit tubuh.

Pembengkakan kelenjar getah bening

Penderita cacar monyet juga dapat mengalami pembengkakan kelenjar getah bening yang terletak di leher, ketiak, atau pangkal paha. Pembengkakan ini biasanya tidak menyakitkan dan akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu.

Nyeri otot

Beberapa penderita cacar monyet juga mengalami nyeri otot yang disebabkan oleh peradangan pada otot-otot tubuh. Nyeri otot ini dapat dirasakan pada bagian belakang dan kaki.

Sakit tenggorokan

Pada beberapa kasus, penderita cacar monyet juga mengalami sakit tenggorokan yang disertai dengan radang amandel. Hal ini disebabkan oleh virus monkeypox yang menyebar ke saluran pernapasan.

Sakit perut

Penderita cacar monyet juga dapat mengalami sakit perut, mual, dan muntah. Hal ini disebabkan oleh infeksi virus yang menyebar ke saluran pencernaan.

Meskipun cacar monyet jarang terjadi pada manusia, namun tetap perlu diwaspadai karena dapat menyebar dari manusia ke manusia dan menimbulkan gejala yang tidak menyenangkan. Untuk mencegah penyebaran virus, penting untuk menjaga kebersihan dan menghindari kontak dengan hewan yang terinfeksi virus monkeypox. Jika Anda mengalami gejala cacar monyet, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.
Danipay

Streamer, Blogger, Gamer.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama